Penulis Berita Hoak Mencatut Nama Bupati Ponorogo, 3 Terlapor Diperiksa Secara Intensif

Ponorogo, KabarNow.com-, Dalam kasus dugaan berita Hoax "Goyang Sarangan" yang menyeret nama Bupati Ponorogo yang dimuat di website newsponorogo.com san koran-K.com terus berjalan.Bahkan kini penyidik Sat Reskrim Polres Ponorogo sudah memeriksa 10 orang.

3 terlapor dalam kasus ini diperiksa penyidik secara intensif, Bahkan Sat Reskrim Polres Ponorogo tengah berkoordinasi dengan Dewan Pers, pada Kamis (5/9/2024).

Saat dikonfirmasi oleh awak media, Kasat Reskrim Polres Ponorogo AKP Rudi Hidajanto menjelaskan bahwa sejak resmi dilaporkan oleh pihak yang merasa dirugikan oleh muatan berita bersifat opini ini.

Diungkapkan Rudi, pihaknya sudah memeriksa  10 orang, dimana 3 diantaranya diduga merupakan penulis opini dugaan Goyang Sarangan yang menyeret nama Bupati Ponorogo tersebut. 

" Ada dugaan pencemaran nama baik dan berita fitnah. Kita lakukan penyelidikan atas kasus ini. Beberapa orang sudah kita periksa total ada 10. Termasuk 3 orang diduga penulis di website yang tidak jelas," terangnya.

Rudi mengaku, saat ini pihaknya tengah berkordinasi dengan saksi ahli dari Dewan Pers, karena untuk menentukan ada tidaknya unsur pidana atas pemberitaan di dua website tersebut. 

" Untuk rekomendasinya masih kita tunggu. Dan dari pemeriksaan mereka ini tidak mempunyai nara sumber dalam menulis berita itu. Kalau mengacu ke undang-undang pers, seorang jurnalis dalam memberitakan itu harus berdasarkan nara sumber," tukasnya.(Nov)