Tingkatkan Kesejahteraan Kader Posyandu, Bupati Sugiri Sancoko: Tahun Depan Honor Bakal Dinaikan

Ponorogo,KabarNow.com-, Peran besar sebagai garda terdepan kesehatan, tampaknya kader posyandu desa belum sebanding dengan hak yang diterima selama ini.Sontak hal tersebut mengundang keprihatinan orang no satu di Kabupaten Ponorogo.

Dalam menghadiri acara Jambore kader Posyandu tahun 2024, diungkapkan Bupati Sugiri Sancoko bakal menaikan honor posyandu pada tahun depan.Bertempat di Gedung Sasana Praja, pada Senin (9/9/2024).

Dalam keterangan'nya Bupati Sugiri Sancoko mengatakan bahwa saat ini kesejahteraan kader posyandu masih jauh dari kata layak. Kendati setiap tahun ada glontoran dana dari Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Puskesmas dan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) namun jumlahnya masih kecil.

" Problemnya sekarang masalah honor. Nah ini biar pemerintah hadir, pihaknya mewacanakan tahun depan akan ada penambahan honor bagi kader posyandu baik di kelurahan maupun desa," terangnya.

Dijelaskan Sugiri Sancoko, untuk besaran nilai berapa jumlah penambahan honor kader posyandu tentunya masih dirumuskan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang diketuai Sekda Agus Pramono.

" Sifatnya honor tambahan. Karena Kader Posyandu ini kan bukan pekerjaan tetap dan profesi mereka beragam ada yang dari PKK, Guru, Guru TK atau apa saja.Dan tambahannya nanti biar dirumuskan Pak Sekda," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Ponorogo Diah Ayu Puspitaningarti menjelaskan, di Kabupaten Ponorogo saat ini ada 6.970 kader posyandu yang tersebar di 1.134 posyandu baik di desa maupun kelurahan. 

"Pemerintah daerah sebetulnya sudah menganggarkan untuk kader, bagi kelurahan melalui Dinas Kesehatan dan kader Desa melalui Dana Desa.Untuk Desa Besarannya sesuai dgn desa masing-masing," terangnya.

Lebih lanjut, Diah Ayu berharap agar mudah-mudahan kedepan gep itu tidak terlalu jauh. Karena kalau dulu Posyandu Lansia, Posyandu Balita dan yang lain itu kan terpisah. Nah saat ini sudah dijadikan satu di Posyandu Keluarga.

"Kedepan Pemerintah Daerah akan meningkatkan kesejahteraan kader dengan menaikkan honor / bantuan transport," ujarnya.

Anita Susanti salah satu Kader Posyandu Desa Karangan Kecamatan Badegan mengaku senang karena tahun depan honor yang diterima sebagai kader bakal dinaikan.

"Dan Alhamdulillah kalau tahun depan bakal dinaikan, semoga bisa terealisasikan," tukasnya.(adv/nov)